Tuesday, December 28, 2010

PRIORITAS (The Rock in Your Life)

label; pekerjaan
Seorang guru besar Filsafat berdiri dimuka kelas, dihadapannya ada beberapa benda. Ketika masuk waktu pelajaran, ia mengambil sebuah wadah besar tempat mayonnaise lalu mengisinya dengan batu yang berdiameter kurang 2 inci. Setelah penuh ia bertanya pada murid-muridnya, "Apakah tempat ini sudah penuh?" Murid-muridnya menjawab, "ya."
Kemudian pak Profesor mengambil sekaleng batu kerikil lalu menuangkannya dedalam wadah tadi. Ia kemudian dengan lembut menggoyang wadah itu sehingga batu-batu kecil tadi menggelinding mengisi ruang di antara batu-batu. Ia lalu bertanya pada murid-muridnya, "Apakah tempat ini sudah penuh?" Murid-muridnya menjawab, "ya."
Pak Profesor kemudian mengambil sekaleng pasir lalu menuangkannya ke dalam wadah tadi. Pasir itu segera mengisi ruang-ruang kosong di antara batu-batu dan kerikil.
"Nah, sekarang," kata Pak Profesor, "aku ingin kalian memahami bahwa demikianlah sesunggunya kehidupan kalian. Batu itu merupakan hal-hal penting dalam kehidupan kalian, seperti: keyakinan, keluarga, pasangan hidup, kesehatan, dan anak-anak kalian, yakni semua hal yang sangat penting bagi kalian, yang bila kalian tidak mengurusnya dengan baik, boleh jadi kalian akan sengsara. Kerikil adalah hal-hal lain yang kedudukannya lebih rendah, tapi berpengruh pada kehidupan kalian, sperti: pekerjaan, rumah, atau mobil. Pasir adalah hal-hal lain yang kedudukannya kurang begitu penting. Apabilah kalian mengisi wadah dengan pasir lebih dahulu, maka batu dan kerikil tidak akan mendapat tempat. Demikian juga dengan kehidupan kalian, kalau kalian habiskan tenaga dan waktu kalian untuk hal-hal yang sia-sia, kalian tidak akan berhasil melakukan pekerjaan yang penting bagi kehidupan kalian.
Oleh karena itu, perhatikanlah hal-hal yang penting bagi kalian, lewatkan waktu kalian bersama anak-anak kalian, sediakan waktu untuk memeriksakan kesehatan. Adapun waktu untuk kerja, membersikan rumah, mengadakan jamuan makan, memperbaiki kerusakan akan selalu tersedia.
Utamakan batu, yakni hal-hal yang paling penting, lalu tetapkan urutan prioritas, yang lain hanyalah pasir. (Author Unknown)

No comments:

Post a Comment

MENGHERANKAN BUKAN?

 Meurnut penielitan Unisvetrias Cabmrigde, tak jdai saol baaigmnaa urtuan hruuf dlaam sutau ktaa, ynag pialng petning adlaah huurf petrama ...